Kegiatan Pramuka OASE Dua Hari di IPB (21-22 Maret 2018)

Hari Pertama ke IPB

Kegiatan kali ini aku akan pergi ke Kampus IPB di kota Bogor bersama teman-teman, yang merupakan rangkaian kegiatan bersama kakak-kakak Sekala bersama Penggalan OASE.

Hari Rabu pagi tanggal 21 Maret 2018, aku bangun jam setengah 6 lalu mandi dan sarapan. Aku berangkat dari rumah menuju Stasiun Tanjung Barat bersama kakakku Khansa dan Bunda yang mengantar sampai stasiun.
Sesampainya disana aku melihat Fattah, Ariq, dan Vito sudah tiba lebih dulu, lalu menyusul Sovi dan  Syifa. Tinggal menunggu Ibrahim, sampai lebih dari jam 8 Ibrahim belum datang juga, tadinya mau kami tinggalkan tapi pada saat kami sudah bersiap masuk kereta tiba-tiba Ibrahim datang. Alhamdulillah ... ga jadi kami tinggal Ibrahim, kami menunggu kereta jam 8.10.

Setelah kereta datang kami langsung naik dan menuju ke Stasiun Bogor, kami langsung mencari tempat duduk. Perjalanan ke Stasiun Bogor kurang lebih  45 menit,  sesampainya di Stasiun Bogor kami jalan sebentar ke depan dan aku melihat ada rombongan teman-teman OASE yang lebih dulu tiba. Aku menyimpan tasku dekat teman-teman berkumpul, sambil kami menunggu Ceca datang.

Tidak lama kemudian Ceca datang kami langsung naik angkot ke terminal Laladon. Setelah sampai di Laladon kami langsung menuju ke kampus IPB.
Sesampainya di IPB aku melihat beberapa anak Oase yang sudah sampai di IPB , dan aku menanyakan dimana yang lain? mereka menjawab sudah duluan masuk ke  UKF (Unit Konservasi Fauna) lalu kami menyusul kesana.

Akhirnya kami berkumpul di UKF dan  aku menaruh tas untuk segera makan siang dan sholat, karena setelah itu akan dilanjutkan upacara pembukaan,
Upacara kali ini dipemimpin Kalila dan yang  menjadi pembawa acaranya adalah Naufal.

Sore hari ini kami melakukan pengamatan sore, regu ku regu Elang melihat bunglon di pohon.
Kemudian kami melanjutkan mencari jejak binatang yang jejaknya akan kami buat cetakannya dengan menggunakan semen putih di campur air. Campuran tersebut kita tumpahkan ke jejak binatang untuk mendapatkan bentuk seperti jejaknya. Kami lanjutkan  mencari jejak satu lagi, setelah menemukan jejak kami langsung lakukan hal yang sama seperti yang dilakukan sebelumnya. Disekitaran jejak tadi ada biji karet, aku mengumpulkannya untuk dipakai bermain bersama teman-teman. Akhirnya pengamatan sore selesai, aku pergi sholat ashar dilanjutkan makan malam.

Aku bersiap-siap melakukan pengamatan malam,  regu ku melihat tokek di balik paralon besar.
Kami lewat jalan yang sama seperti pengamatan sore tadi, dan menemukan bunglon yang sama di pengamatan sore  tadi . Sebetulnya kami ingin menangkapnya tapi karena sedang tidur kami merasa kasihan dan gak jadi di tangkep dehhh...

Kami baru sadar regu kami di temani oleh COKI,  COKI adalah anjing yang baik tapi agak nakal kata kakak IPB yang mengadopsinya.  Kalau coki melihat kucing langsung digangguin, katanya pernah ada kucing yang mati sama coki .
Lanjut ke pengamatan malam aku melihat coki sedang mengendus-ngendus di semak-semak ternyata setelah coki meraba-raba seekor burung pun terbang.
Coki pun masih melanjutkan mengendus ngendus nya dan seekor burung pun terbang lagi, kami menanyakan ke kakak IPB burung apa itu ?  katanya  burung itu namanya burung semak.
Kami juga menemukan kumbang di gedung lama.
Alhamdulillah pengamatan malam ini selesai, kami kembali ke gedung UKF dimana tempat kami menginap, siap siap untuk tidurrrrr,.... zzzzz.

lanjut ke hari yang ke dua......

Hari Kedua di IPB

Kami dibangunkan saat subuh, aku langsung beresin matras dan sleeping bag untuk selanjutnya segera pergi sholat subuh, dan kami di suruh kelapangan untuk bermain gamez  body guard dan presiden.

Kami sarapan lontong sama  risol di gedung UKF . Pagi ini kami melanjutkan pengamatan pagi untuk mengambil jejak binatangnya seperti kemarin. Pengamatan pagi hari ini hanya sedikit hewan yang kami lihat, lalu kami menggambar satwa yang tadi kami jumpai selama pengamatan sesampainya di gedung UKF. Aku menggambar laba-laba dan mempresentasikannya di depan teman-teman dan kakak-kakak IPB .

Kegiatan selanjutnya di luar ruangan, kami  diajari bagaimana cara membuat api untuk memasak atau api untuk kegunaan lainnya hanya dengan korek api. Reguku berhasil menyalakan apinya horeee......

Setelah berhasil membuat api kami kembali ke gedung UKF untuk masakkkkkk.... regu ku hanya memasak nasi goreng, tapi seharusnya ada sayurannya tapi kami tidak memasak sayuran.
Sangat disayangkan kami tidak dapat memenangkan perlobaan masak itu, tapi tidak apa-apa yang penting kami sudah menunjukan team workk yang baik, semua kerja semua bahagia yang penting kami punya pengalaman bersama memasak makanan kesukaan kami.

Acara memasak selesai, aku langsung mandi dan beres-beres packing untuk pulang ke rumah. Aku naik angkot ke Stasiun Bogor , lalu naik kereta ke Stasiun Tanjung Barat, dimana bundaku sudah menungguku untuk menjemput pulang.

Alhamdulillah akhirnya aku , kakakku dan semua teman-teman penggalang OASE semua bisa kembali  ke rumahhhhh ...... terima kasih semua yang sudah membaca blog aku.
Maaf kalau ada salah salah kata mohon di maklumi , karena aku masih belajar menulis.
Saya Fakhri undur diri dulu terima kasihhh sekali lagiiiii babayyyyyyyyyyy.....